Iklan

Cara Efektif Menggunakan Meta Tags

Cara Efektif Menggunakan Meta Tags

BLOGGINGPASURUAN - Jika Anda ingin sebuah Blog yang Anda bangun menarik banyak pengunjung dari hasil mesin pencari, maka jangan mengabaikan nilai Meta tag. Meta tag memang tidak terlihat langsung di website, tapi dibaca, dikategorikan, dan digunakan oleh mesin pencari untuk menafsirkan isi dari halaman Anda. Meta tag yang baik akan membantu ' mengoptimalkan ' situs Anda ketika Anda menggunakan kata kunci yang benar dalam ( teks ) Meta tag. Meskipun Meta tag saja tidak cukup menjamin optimasi lengkap website atau Blog, tetapi Meta tag penting untuk di miliki sebagai bagian dari senjata Anda untuk optimasi mesin pencari.


Nilai dari Judul Meta Tag ( Meta tag Title )

Ada beberapa jenis Meta tag, ada tiga khususnya yang paling penting. Salah satunya adalah Meta tag title ( meta tag judul ) - baik untuk tujuan SEO dan klik ( pengguna ) langsung ke website Anda. Tidak hanya mesin pencari memberikan nilai penting pada tag judul di peringkat website Anda, tetapi meta tag title ini akan menunjuk langsung ke teks pada hasil pencarian ( google ).

Judul tag harus singkat ( sekitar 5 sampai 10 kata dan kurang dari 100 karakter ), dan menunjukkan deskripsi yang jelas dari web atau blog Anda. Deskripsi singkat harus memasukkan kata kunci atau frase kunci yang relevan dengan situs Anda, termasuk nama perusahaan Anda ( ini, jika website terkait dengan perusahaan )

Misalnya, jika Anda seorang desainer bunga ( karangan bunga ) yang kunci utama frase adalah " Karangan Bunga Malang Indah" sebuah meta tag judul dan yang mungkin lebih tepat adalah seperti ini, " Malang Indah Florist - Desain oleh Riska "

Lihat di bawah ini bagaimana efektif Bank of America menggunakan tag judul.

Cara Efektif Menggunakan Meta Tags


Jadi sementara kita ingin menyimpan SEO di dalam pikiran kita, Anda juga ingin memastikan bahwa judul Meta tag Anda dapat menarik pengunjung web atau blog. Pengunjung hanya akan meng-klik langsung ( click through) hanya kepada Web atau Blog dengan judul yang dianggap relevan, Bagaimana bisa pengunjung tertarik dengan judul meta tag Anda yang tidak masuk akal… ini penting menjadi perhatian setiap blogger.



Mengoptimalkan Meta Tag Deskripsi

Meta tag diskripsi adalah baris kode yang menggambarkan tentang Blog atau Web pada mesin pencari sebagai dasar mesin telusur ( surfing oleh penggunanya ). Sementara pentingnya SEO akan deskripsi Meta tag telah berkurang selama bertahun-tahun, masih tetap mempengaruhi bagaimana situs web Anda dalam hasil pencarian ( mesin pencari ).

Dalam beberapa kasus, ketika Google tidak dapat menemukan potongan yang lebih relevan dari teks pada halaman Anda sebagai hasil dari descriptor ( diskripsi blog ), Google akan menggunakan deskripsi Meta tag saat menampilkan halaman web Anda dalam hasil pencarian. Untuk alasan ini, penting kiranya untuk membuat ringkasan singkat dari halaman web Anda, biasanya kurang dari 155 karakter. Sekali lagi, memasukkan beberapa kata kunci yang paling penting akan membantu crawler mengidentifikasi relevansi dan penempatan situs web Anda.

Deskriptif dan menggunakan kata kata ( singkat dipertegas ) untuk menggambarkan apa yang Anda tawarkan, seperti : Belajar, Lihat, Baca, Pilihan,Tutorial atau Download. Mulai membuat deskripsi dengan kata ( singkat dipertegas ) dan kemudian mengikutinya dengan apa yang pengunjung harapkan ketika pengunjung mengunjungi blog Anda.

Cara Efektif Menggunakan Meta Tags



Menggabungkan Meta Tag Keywords

Meta tag kata kunci ( Meta tag keyword ) memberi Anda kesempatan untuk menguraikan kata kunci penting dan frase kunci dari situs Anda. Meskipun isian Meta tag kata kunci dengan ratusan kata kunci tidak dianjurkan, biasanya daftar yang baik adalah antara 5 -10 kata kunci itu sudah lebih dari cukup.

Di masa lalu, web master akan menggunakan Meta tag ini sebagai cara untuk optimalisasi SEO pada setiap kata kunci atau frase, termasuk jenis usaha dan geografi yang berhubungan dengan bisnis website. Selanjutnya, algoritma mesin pencari telah mecurigai meta tag ini adalah"boneka atau bohongan" hanya abal abal tidak relevan dengan tema Blog itu sendiri, dan dengan demikian meta tag ini bukan lagi bagian dari pencarian algoritmik. Dengan begitu banyak update terbaru dari Google, banyak webmaster tidak lagi menggunakan praktek meta tag ini karena takut dihukum, tetapi jika dilakukan dengan benar, Anda tidak perlu takut akan hukuman dari google.

Meskipun demikian, ( meta tag keyword ) atau Meta tag kata kunci masih dibutuhkan untuk memperkuat relevansi materi web atau blog Anda dan pada beberapa mesin pencari masih membaca tag ini.

Selain itu, kata kunci dalam konten Anda dapat dikombinasikan dengan kata kunci Meta tag untuk menghasilkan pencarian yang optimal. Misalnya, jika konten web Anda memasukkan frase kunci "Perabotan Murah Modern" sementara kata kunci meta tag memasukkan frase, " Kursi Ukir Modern Murah" maka website Anda dapat memiliki peningkatan probabilitas muncul untuk dua istilah pencarian, " Perabotan Kursi Ukir Murah dan Modern "

Memasukkan Meta tag keyword ( kata kunci ) adalah cara lain untuk meningkatkan kemungkinan bahwa website atau blog  Anda akan disajikan pada hasil pencarian yang lebih.



Hindari Kesalahan Umum Penggunaan Meta Tag

Sementara kita telah mengetahui secara singkat penjelasan serta pengertian tentang Meta Tag. Namun ada beberapa perangkap Meta Tag yang perlu untuk dihindari dan pastikan Anda tidak melakukan kesalahan tag Meta berikut:

Implementasi yang salah dengan Meta-Tag - Tag tidak akan ada gunanya jika mesin pencari tidak membaca dengan benar. Meta tag harus ditempatkan dalam bagian <head> halaman web atau blog Anda. Selalu periksa meta-tag Anda melalui online validator meta-tag seperti http://www.seositecheckup.com.

Seperti yang kita bahas sebelumnya, praktek cara " isian kata kunci/keyword " di Meta tag tidak lagi dominan untuk SEO Blog atau website. Mesin pencari teratas lebih peduli dengan konten yang sebenarnya dari halaman web, Namun demikian, penggunaan Meta tag keyword harus digunakan ringkas dan bijaksana.

Kata kunci berulang - Sebelumnya, webmaster percaya bahwa jika menggabungkan kata kunci penting sekali, maka menggabungkan 10 kali akan lebih baik. Ini adalah kesalahan! Anda lebih baik untuk menahan diri tidak menggunakan kata kunci ( atau lebih baik Anda tidak memasang meta tag keyword ), atau website Anda dapat dilihat sebagai spam oleh mesin pencari. Anda tentunya ingin halaman Anda muncul alami pada mesin pencari serta pengunjung Anda, jadi jangan coba coba memasang meta tag keyword jika Anda tidak memahaminya dengan baik/bijak memasang tag-nya.

Menggunakan tag Meta yang sama untuk setiap halaman blog - Beberapa desainer web menganggap bahwa satu set meta tag bisa digunakan untuk setiap halaman. Bahkan satu set meta tag dianggap hal standar untuk digunakan pada halaman Blog yang berbeda.
Padahal Meta tag yang unik dan deskriptif untuk setiap halaman Blog akan meningkatkan kemungkinan bahwa halaman web tertentu Anda akan muncul pada hasil istilah pencarian yang relevan. Setiap halaman yang Anda buat adalah unik, dan Anda ingin mesin pencari dan pengunjung Anda mendapatkan nilai tertentu dari masing masing kan? Nah, maka pastikan Meta Tag Anda menawarkan deskripsi yang unik bagi pengunjung dan mesin pencari untuk menemukan keunikannya.

Gunakan Meta-tag unik untuk web atau blog Anda - Jangan mencuri Meta Tag orang lain jika Anda ingin bersaing! Buatlah kwalitas konten website Anda unik dan Meta-tag Anda harus mencerminkan ini. Menggunakan duplikat konten ( atau istilah umum dunia blogger adalah RAJA COPAS )  bukan pertanda baik pada hasil pencari SERP. Jadi, jangan pergi ke sumber pesaing tertinggi ( Web atau Blog yang memiliki posisi terbaik )  kemudian Anda copy dan paste Meta tag dan deskripsinya lalu memasang pada Blog Anda.  Ini akan percuma dan salah besar ! Anda adalah situs yang unik dengan sesuatu yang unik untuk ditawarkan, jadilah yang UNIK…!!!!

Menggunakan Tag yang Relevan - Jangan menggunakan Meta tag Judul, atau deskripsi untuk mencoba dan menipu mesin pencari atau pengunjung. Jika Anda masukan deskripsi,judul yang tidak relevan ke dalam tag Anda. Maka Anda tidak dapat berharap pengunjung Blog Anda akan meng-klik kembali ( berkunjung kembali ke Blog Anda ) karena mereka menyadari bahwa meraka tidak diberikan apa yang Anda janjikan dan  Anda juga akan mendapatkan hukuman yang sangat besar dari Google. Dengan tingkat bouncing yang tinggi adalah bendera merah besar bagi mesin pencari utama, dan Google terus memperbarui algoritma untuk menjadi lebih cerdas ketika mengetahui konten Anda menipu.



Apa yang Terjadi Jika Anda Tidak Menggunakan Meta Description?

Jika Anda lupa untuk menambahkan Meta Deskripsi ke halaman Anda, Google akan menggunakan potongan dari paragraf pertama di halaman Anda. Jika Anda kebetulan memiliki kata kunci yang relevan pada halaman Blog Anda, Google akan berani menggunakan kata kunci yang relevan untuk SERP. Beberapa dari Anda mungkin berpikir, Kalau begitu kenapa mesti repot-repot ? Faktanya tetap tidaklah cukup dengan kata repot-repot ... dan memasukan Tag tetap harus dilakukan Ini adalah cara yang paling efektif mungkin gratis, mengapa Anda menyia-nyiakan kesempatan itu?

Teknologi algoritma mesin pencari telah menjadi sangat canggih. Dan meskipun SEO Meta tag dikembangkan oleh web designer sebagai alat yang berguna untuk mesin pencari sebagai cara untuk mengindeks, berlebihan kiranya jika kita mengabaikan untuk memasukkan Meta Tag dan mengandalkan peng-indeks-kan mesin pencari pada potongan kode dari paragraf pertama halaman web atau blog Anda hal ini sudah mengalami penurunan beberapa dampaknya karena teknologi algoritma sudah semakin canggih. Namun, bila digunakan sebagai yang dimaksudkan, dengan Meta-tag kata kunci yang sangat terfokus dan ringkas dan deskripsi di website Anda masih bisa menambah efektivitas optimasi mesin pencari.

Semoga Bermanfaat…

Next
Prev Post
Previous
Next Post

1 comment:

  1. here are tips to increase website traffic
    http://www.readmeout.co.in/2015/11/10-tips-to-increase-website-blog-traffic.html

    ReplyDelete