Algoritma Google Phantom 2, Bagaimana Menghadapinya ?

Algoritma Google Phantom 2, Bagaimana Menghadapinya ?

Salam Blogging. Menjelang akhir April 2015 lalu, banyak pemilik situs mulai melaporkan gangguan pada lalu lintas Blog mereka, banyak pemilik Blog menduga hal ini disebabkan oleh update algoritma terbaru dari Google. Karena memang tidak ada pesan resmi tentang perubahan pada Algoritma Phantom II update. Situs yang terkena dampak tidak terbatas hanya pada situs situs kecil namun juga situs ternama lainnya.

Meskipun informasi yang terbatas dari Google tentang update terbarunya ( Google Phantom 2 ), namun sudah banyak situs yang sudah mulai menganalisis hasil perubahan untuk mengidentifikasi target dari pembaruan ini termasuk cara  menghindari sanksi dari dampak perubahan algoritma Phantom 2.

Update Phantom 2 berusaha untuk memperbaiki

Ketika dampak Phantom 2 diperhatikan oleh banyak pemilik situs, kebanyakan dari mereka banyak yang keliru dan mengaanggap sebagai update Panda. Ini karena kedua update tampaknya ber-fokus berat pada kualitas konten Blog. Beberapa minggu setelah Phantom 2 pertama kali muncul, Banyak yang mengakui bahwa perubahan pada update algoritma disinyalir sebagai sinyal inprovisasi ( perbaikan ) dari isi dan kualitas konten Blog itu sendiri. Google juga mengatakan bahwa update itu akan berdampak pada halaman web namun tidak semua domain.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan Web mendapat hukuman Phantom.

Konten yang buruk ( tidak informatif,relevan,menarik )

Konten yang buruk akan membuat pengunjung Blog atau Website Anda kecewa, ini jelas sekali. Phantom 2 update secara khusus akan menyingkirkan web tak berkwalitas dan seperti duplikat konten alias tukan copas. Sebagai contoh, banyak situs yang mengandung sejumlah besar user generated content ( Blog yang ditulis oleh beberapa user, namun Si user itu sendiri memiliki Blog yang lain ) yang sering kali berisi sejumlah besar duplikat konten, maksudnya penulis Blog menyalin konten dari Blognya, dan menuliskan konten tersebut di Blog yang lain dimana dia mendapatkan ijin, ini jelas pengaruh pada peringkat Blog Yang menggunakan atau meng-ijinkan banyak penulis di dalam Blognya. Situs situs populer sudah merasakan dampaknya dan mengalami penurunan yang signifikan dalam lalu lintas Blog mereka, seperti yang dialami oleh situs besar seperti LinkedIn, yang sering berisi duplikat user generated content, seperti pada halaman web-nya LinkedIn.

Konten miskin kwalitas ( tidak berkwalitas – raja copas ) Konten atau artikel yang tidak mencakup informasi dan sulit untuk dicerna, sulit dimengerti atau tidak benar-benar informatif bagi pengunjung Blog. Konten dalam jumlah yang sedikit dalam Blog, menjadi anggapan bahwa nilai informasi bagi pengunjung Blog tidak seperti yang di harapkan.

Masalah teknis

Situs yang tidak berfungsi dengan benar *( terlalu banyak iklan yang menyebabkan loading lama ), atau situs yang di duga terdeteksi sebagai penyebar MALWARE akan mendapat sangsi  negatif dari Phantom 2. Blog yang seperti ini akan mengganggu pengunjung ketika meng-akses informasi yang dianggap penting ( yang dicari oleh pengunjung ) dari Blog Anda . Sudah jelas pengunjung Blog tidak menghargai Blog yang telah dibuat dengan asal asalan.

Cara Menghapus Peringatan Malware Yang Mengarah Pada Blog ( Blogger ) Anda


Desain dan penampilan

Website yang memiliki desain yang tampak seperti SPAM atau kurang user friendly juga terkena update Phantom 2 . Desain dan penampilan dan kemudahan navigasi menjadikan pengunjung Blog dapat menemukan dan berinteraksi dengan konten di Blog Anda. Jika Anda memiliki konten yang fantastis, tetapi Blog terlihat terlalu spam, maka Anda telah merusak kepercayaan pengunjung untuk mempercayai Blog Anda. Google mengakui masalah ini dan berusaha untuk memperbaikinya.

Melindungi situs dari kerugian lalu lintas karena dampak Phantom 2

Kunci untuk keluar dari update phantom adalah fokus pada kualitas. Kami sarankan membaca ulang rekomendasi Google berikut update Panda, yang berfokus pada kualitas konten.

 Apakah Anda sudah merasa aman memberikan informasi kartu kredit Anda ke situs ini?
 Apakah artikel ini memberikan gambaran lengkap atau komprehensif tentang topik yang di sampaikan ?
Apakah Blog Anda hanya ingin berbagi bookmark dengan teman atau merekomendasikan?

Jenis pertanyaan di atas akan memberikan arahan tentang seberapa baik sebuah konten mematuhi standar kualitas Google.

Kami juga menyarankan Anda mempertimbangkan langkah-langkah berikut:

1. Gunakan platform dalam pelacakan lalu lintas , seperti BrightEdge untuk melihat perubahan pada pola lalu lintas Blog Anda. Jika telah terjadi penurunan, ini mungkin terjadi karena update Phantom 2 dan Anda perlu memeriksa halaman Blog  dan konten untuk melihat  sesuatu yang mungkin menjadi penyebab masalah.

2. Perhatikan sinyal baik dari pengunjung Blog Anda. Bahkan jika Anda belum terkena dampak pembaruan phantom 2, ini berarti bahwa Google telah menempatkan Blog Anda masuk dalam  kategori sebagi konten yang baik berharga dan relevan. JIka Anda ingin melihat data, seperti tingkat bouncing sebagai penentu konten yang paling beresonansi dengan pembaca Anda. Isi konten yang tidak mencapai hasil ( tidak informatif,berkwalitas,relevan ) seperti yang diinginkan oleh Phantom 2 harus diperbarui untuk memenuhi standar kualitas Google.

3. Mulailah dari sekarang untuk meningkatkan kwalitas konten Blog Anda. Konten ( Blog ) yang sedikit dalam jumlah akan menjadi target Phantom 2. Berusaha memberikan materi pada pengunjung Blog yang tidak hanya merarik namun informatif yang jelas dalam material menawarkan wawasan dan analisia. Pastikan konten Anda bernilai bagi yang membacanya. Ketika Anda membuat konten yang berkwalitas, Anda akan menemukan kemampuan untuk menciptakan kata kunci ( keyword ) untuk meningkat trafik blog secara alami, Anda bisa menggunakan Tool apapun untuk memilih kata kunci yang tepat sebagai judul Artikel.

4. Perhatikan layout ( tata letak ) dan desain untuk memastikan template Anda user friendly. Jangan penuhi Blog Anda dengan iklan ( ini adalah mimpi buruk bagi pengunjung Blog Anda ) . Pastikan bahwa desain Blog Anda user friendly dan  tidak spam dalam penampilan.

5. Jika Anda memiliki kesalahan seperti Error 404 dalam situs Anda,  segera perbaiki masalah ini. Memperbaiki internal link ( error 404 ) yang mengarah pada halaman Blog yang hilang ( atau Anda pernah menghapus link Artikel tersebut ) sehingga situs Anda dapat dengan mudah dinavigasi oleh pengunjung.

Phantom update dari Google membuat banyak Blogger terkejut, Jika Anda tiba-tiba kehilangan lalu lintas Blog secara mendadak tentu Anda tidak membayangkan sebelumnya akan hal ini.

Daripada Anda mencoba untuk memperbaiki Blog dengan menyesuaikan masalah teknis yang belum tentu sesuai dengan Phantom 2, Lebih baik Anda fokuskan pada kinerja kwalitas Konten yang nantinya akan menghasilkan standart atau di anggap sesuai oleh Google dan yang lebih penting pengunjung Blog puas dengan mengunjungi Blog Anda.

Semoga bermanfaat…

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Nama saya Usman Kurniawan dari Pasuruan - jawa timur dan bukan seorang Blogger Pro, Namun saya akan serius belajar jika menyukai sesuatu hal, termasuk dunia blogging.

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
christian
AUTHOR
September 18, 2015 at 7:23 AM delete

Info bgs gan tp koq bhs nya aneh. Ky hsl tranlate yg diperbaiki :))
Thx anyway..

Reply
avatar
September 18, 2015 at 9:46 PM delete

Thanks Masukkannya Bro... Artikel saya ambil dari mereka yang sudah berpengalaman bagaimana cara mengatasi perubahan Algoritma.. Bahasanya sudah saya paskan agar mudah dipahami pengunjung yang membacanya..

Reply
avatar