Hosting Alternatif Selain Google Code untuk Proyek Open Source

Hosting Alternatif Selain Google Code untuk Proyek Open Source

Google telah menutup Google Code pada 25 Januari 2015, layanan hosting untuk proyek-proyek open source dan coding. Jika Anda belum mengalihkan proyek Anda ke layanan lain, sekarang adalah waktu yang baik. Berikut adalah beberapa alternatif layanan hosting untuk proyek-proyek open source dan coding.

GitHub

Hosting Alternatif Selain Google Code untuk Proyek Open Source

GitHub adalah raksasa untuk layanan hosting untuk proyek-proyek open source dan coding. Untuk pengguna dasar GitHub memberikan fasilitas yang benar-benar gratis. Jika Anda mencari fitur profesional, atau pilihan untuk membangun sebuah portofolio proyek GitHub menyediakan upgrade premium. Github memiliki kemampuan untuk kedua fungsi sebagai sumber pengembangan independen, di mana seseorang membangun proyek-proyeknya, kemudian berbagi dengan publik, yang nantinya juga mampu memberikan pekerjaan ( join proyek ) dengan pengguna lain, tweak, update, selesainya proyek akan memiliki kontribusi besar kepada banyak orang ( pengguna ), atau sebagai open source.

Google menyebutkan GitHub dalam pengumuman penutupan Google Code, dan bahkan memiliki alat ekspor ( untuk proyek proyek anda di google code ) dan panduan ekspor untuk mempermudah migrasi proyek anda dari Google code ke GitHub. GitHub memiliki pedoman bagaimana seorang calon pengembang memulai akrab dengan fitur terbaik GitHub. Ada banyak fitur sebagai bahan pembelajaran yang akan menghemat waktu dalam jangka panjang.


CodePlex

Hosting Alternatif Selain Google Code untuk Proyek Open Source


CodePlex adalah open-source untuk proyek hosting Anda yang dipersembahkan Microsoft. Ini adalah Web yang tepat untuk ribuan proyek populer, dan sementara banyak ( atau sebagian besar, bisa dibilang ) harus dilakukan dengan ekosistem ( yang terkait dengan ) Windows, bukan berarti bahwa aplikasi mobile atau proyek lintas-platform tidak diterima. Account gratis, dan Anda dapat membangun proyek opn source dalam setiap bahasa ( peng-kodean ) untuk platform apapun yang Anda pilih. Anda bisa mencoba coba CodePlex, CodePlex juga memudahkan Anda dalam membuat proyek-proyek dengan menggunakan bantuan, atau tim CodPlex akan membantu mencarikan solusi jika terjadi permasalahan, sehingga sebuah proyek mampu untuk berkontribusi. Seperti repositori kode yang baik, CodePlex menawarkan fitur seperti kontrol versi, wiki built-in dan dukukan FAQ, pelacakan masalah, homepage proyek, dan banyak lagi.


BitBucket

Hosting Alternatif Selain Google Code untuk Proyek Open Source


BitBucket adalah repositori kode yang memiliki nama besar bagi ribuan proyek dan pengembang. Didirikan oleh Atlassian ( perusahaan issue tracking software Jira dan layanan chatting HipChat ), BitBucket juga layanan hosting untuk proyek-proyek open source dan coding populer dan Google memiliki panduan migrasi dengan ( tool ) alat yang dapat Anda gunakan untuk memindahkan proyek Anda dengan cepat.

Account BitBucket Gratis !, Namun Anda mendapatkan repositori kode terbatas, Namun Anda masih memiliki banyak ruang untuk membangun proyek-proyek Anda walau dengan space terbatas. Ketika Anda mendapatkan layanan gratis dari BitBucket namun Anda bisa membuat maksimal 5 tim untuk sebuah proyek. BitBucket juga memiliki integrasi dengan Jira, sehingga fitur pelacakan masalah diurus oleh Jira.


Launchpad

Hosting Alternatif Selain Google Code untuk Proyek Open Source


Launchpad adalah kolaborasi antara Ubuntu ( software platform ). Launchpad adalah home dari Unity, Docky, dan beberapa utilitas Linux populer lainnya. Sebagian besar proyek host di Launchpad dikembangkan oleh dan dibangun untuk komunitas Linux, tapi tidak berarti Anda tidak bisa menggunakan Launchpad, karena Launchpad telah built-in tools dan ini benar-benar untuk digunakan gratis.


SourceForge

Hosting Alternatif Selain Google Code untuk Proyek Open Source


SourceForge yang satu ini sebenarnya tidak saya rekomendasikan, tetapi tidak lengkaplah jika alternatif selain Google Code tanpa SourceForge . SourceForge sebelumnya ditinggalkan oleh pemiliknya berikut staf admin selama bertahun-tahun, yang kemudian dioperasikan oleh sekelompok relawan dan admin namun masih menjadi momok bagi pengguna kala itu karena "proyek" yang sarat dengan malware, atau lebih buruk dari itu. Namun kemudian, pengguna menemukan Sourceforge memulai bundling download dengan adware di semua installer-nya.

Meski begitu, SourceForge masih salah satu repositori kode paling populer di web, dan menawarkan manajemen ( coding ) kelas dunia, masalah-pelacakan, versi, dan kolaborasi tool. Ada banyak proyek besar dan populer yang masih menggunakan situs SourceForge. Google memiliki panduan untuk bermigrasi ke SourceForge, dan SourceForge memiliki panduan sendiri untuk importi code yang bertujuan untuk memuluskan proses migrasi tersebut.


Berikut ini layanan lain yang perlu dipertimbankan juga

Ini mungkin juga bisa disebut sebagai hosting untuk proyek-proyek open source dan coding, yaaa sebagai pilihan alternatif untuk Google Code selain yang saya sebutkan di atas :

۞ GitLab: Jika Anda tertarik untuk menjalankan produksi kode sendiri, GitLab bisa dijadikan tempat alternatif proyek coding Anda. Yaaa kendalanya mahal di lisensi -nya, jadi bersiaplah untuk membuka dompet sebagai budget premium atau lisensi. GitLab akan menjadi home code produksi untuk publik dan pribadi Anda sendiri di server GitLab secara gratis (seperti layanan web lain. GitLab menangani serius untuk semua proyek Anda karena mereka ingin menjadi lebih baik dari GitHub.

۞ CodeBase: Codebase dengan layanan account gratis yang membatasi Anda dalam satu proyek, namun satu proyek dilengkapi dengan manajemen tool dan tool  manajemen proyek yang kuat juga. Tool ini dirancang agar membuat Anda ketagihan dan kembali merencanakan proyek berikutnya dengan bayaran atau penghasilan.

۞ Beanstalk: Git Sederhana yang elegan dan Subversion hosting yang mendukung luas ke server Anda atau dalam lingkup web lain seperti AWS, DreamObjects, Rackspace, Heroku, dan lain-lain. Ideal untuk pengembangan web, Soal Harga masih dalam batas wajar lha.

Ditutupnya Google Code, bukan menjadi halangan untuk membangun proyek proyek coding Anda , karena banyak  pilihan dan alternatif yang disesuaikan. Kebanyakan orang dari Google Code mungkin cenderung untuk memilih GitHub atau SourceForge, mengingat popularitas-nya, tetapi Anda tidak perlu merasa mereka saja yang mampu memberikan layanan terbaik. Ada banyak pilihan, baik yang gratis atau berbayar dan yang pasti menjadi salah satu yang terbaik untuk proyek Anda.

Semoga bemanfaat….



Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Nama saya Usman Kurniawan dari Pasuruan - jawa timur dan bukan seorang Blogger Pro, Namun saya akan serius belajar jika menyukai sesuatu hal, termasuk dunia blogging.

Previous
Next Post »