Iklan

10 Perangkap SEO Yang Harus Dihindari di SEO 2016.

10 Perangkap SEO Yang Harus Dihindari di SEO 2016.

BLOGGINGPASURUAN – Ada baiknya kita mengetahui hal hal penting yang terkait dengan SEO terbaru 2016 untuk menjaga website atau Blog Anda agar tetap mampu berkompetisi. Fakta bahwa SEO sedang mengalami perubahan yang cepat dalam empat tahun terakhir, sebagai strategi yang digunakan untuk menentukan peringkat yang lebih baik dengan berevolusi secara drastis. Anda mungkin sudah tahu bahwa update Google panthom berlaku penuh pada 2016. Dengan update ini, banyak perubahan yang diperkirakan terjadi dalam dunia SEO.

Anda harus mempersiapkan diri untuk menghindari banyaknya Optimalisasi SEO yang bisa membuat Anda dalam terjebak kesulitan. Berikut ini adalah 10 perangkap SEO yang perlu Anda hindari di SEO 2016.


1. Link Building ( Membangun Link )

Pada bulan Februari 2015, Google "John Mueller" mengatakan bahwa webmaster harus menghindari link builing karena itu tidak wajar. Namun, Google baru-baru ini menjelaskan bahwa pembelian, penjualan, atau meminta link adalah hal yang wajar saja selama  tidak melanggar Pedoman Webmaster Google, akan lebih baik lagi jika Anda meninjau lebih dekat  dalam membangun sebuah  link dan memastikan bahwa Anda tidak melanggar aturan. Jika tidak, Anda mungkin akhirnya mendapatkan sanksi oleh Google dan Website atau Blog Anda bisa menderita dalam jangka panjang.



2. Jangkar teks " Anchor texts "

Ketika update Penguin pertama pada tahun 2012, itu menjadi sesuatu yang sangat berisiko dalam menggunakan Anchor texts " teks jangkar " dalam optimasi mesin pencari. Menyalahgunakan ( apakah itu disengaja atau tidak ) anchor text Anda bisa dihukum selama metode optimasi dengan cara yang salah tetap digunakan dalam metode SEO 2016. Maka itulah mengapa Anda harus memilih untuk memiliki hanya 5 sampai 10 link anchor text ke beberapa kata kunci utama ( dalam satu posting/artikel ).

Sebuah studi kasus yang ditemukan pada Moz mengungkapkan bahwa Anda dapat memiliki peringkat yang lebih baik jika Anda menggunakannya ( anchor text ) tepat ke halaman web yang sangat relevan. Juga, ( Search Metric ) metrik pencarian pada 2015 memiliki faktor meningkatkan peringkat ( efek posistif ) jika anchor text berada pada tempat dan link tujuan yang tepat dan relevan .  Saya akan memberikan contoh "teks jangkar" anchor text seperti dibawah ini


  


Diatas adalah contoh anchor text yang terkait dengan judul artikel. Inilah yang dikatakan sebagi teks jangkar yang memiliki keterkaitan antara judul artikel dengan link ( anchor text ) relevan. Ancaman berat jika Anda mengkaitkan anchor text dengan link iklan atau apapun yang tidak memiliki kaitan dengan judul artikel....apalagi link menipu pengunjung Blog.


3. Target tunggal atau halaman spesifik

Link profil yang baik dapat meningkatkan SEO 2016 . Ini adalah cara yang jauh lebih baik daripada menargetkan sebuah halaman spesifik untuk peringkat Google. Sebuah profil link yang baik adalah salah satu faktor peringkat SEO yang paling penting, menurut Neil Patel dan para ahli lainnya. Saya menyarankan bahwa Anda mulai membangun link profil dengan melakukan evaluasi link melalui akun Google Webmaster .

Apakah Anda mengerti maksudnya ?

Jika Anda hanya menargetkan peringkat Blog Anda, tetapi Blog tersebut secara spesifik tanpa adanya status kepemilikan semisal verifikasi,sitemap, google analytics, disclaimer, privacy policy, term of service dsb yang kesemuanya menegaskan bahwa Anda-lah sebagai publisher artikel Blog atau pemiliknya,


4. Desain Web/Blog wajib ( Mobile friendly )

Blog atau Web yang memiliki desain yang Mobile Friendly  menjadi faktor terpenting dalam menaikkan sebuah peringkat Google dan salah satu tips SEO 2015 - 2016 yang masih memiliki faktor peringkat atas Google. Ini berarti bahwa Blog atau Web yang dirancang dengan baik mobile friendly akan tampil lebih baik daripada Blog atau Web yang tidak dioptimalkan bagi pengguna ponsel.

Anda perlu mengoptimalkan halaman Blod Anda ( menjadi mobile frienly ) karena jumlah yang terus meningkat pada pengguna ponsel, menciptakan desain mobile frienly juga akan meningkatkan kinerja situs Anda. Anda bahkan bisa mengalami tingkat konversi yang lebih baik pada pengalaman pengguna mobile, dan lagi-lagi dapat meningkatkan peringkat SEO Anda kedepannya.



Baca juga : Cara Mengetahui apakah Blog sudah Mobile Friendly atau belum



5. Situs Berperingkat Rendah

Ini adalah tantangan besar untuk menarik pengunjung di website Anda. Hal ini dapat menimbulkan ancaman yang signifikan untuk keberhasilan SEO 2016 Anda. Keterlibatan pengguna atau pengunjung adalah salah satu kontributor utama dalam menaikkan  peringkat mesin pencari yang lebih tinggi. Namun, Anda bisa meningkatkan keterlibatan pengguna/pengunjung dengan mendapatkan wawasan tentang preferensi dan perilaku umum yang ditargetkan.

Contohnya , Anda bisa mendapatkan ide dalam membuat sebuah artikel dari seorang pengunjung yang memiliki masalah yang tak terpecahkan, dan dia meminta bantuan Anda, Cari tahu pilihan yang paling menarik bagi audiens target Anda, apakah itu dengan menawarkan solusi, atau pilihan yang lainnya. Dari sini Anda dapat menerapkan hasil yang sukses untuk Website atau Blog Anda dengan meningkatkan keterlibatan Anda dan pengguna/pengunjung Blog.


6. Blog dengan Pengalaman Buruk Bagi Pengunjungnya


Google mempertimbangkan pengalaman bagi pengguna ketika mengunjungi website Anda mereka mendapatkan informasi yang dia butuhkan. Pengalaman pengguna yang buruk dapat merusak peringkat mesin pencari Anda secara dramatis. Mesin pencari akan terus menganalisis bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs Anda di SEO 2016. Setiap ada indikasi pengalaman yang buruk bagi pengguna/pengunjung, Blog Anda akan di-devaluasi dari peringkat mesin pencari.

Jika pengguna cepat pergi  meninggalkan Blog Anda karena mereka tidak menemukan informasi yang relevan yang dia butuhkan , maka itu bendera merah bagi website/blog Anda karena tidak memenuhi permintaan pengguna. Mengoptimalkan situs Anda untuk pengalaman pengguna yang lebih baik dengan memastikan bahwa itu memenuhi apa yang mereka kebutuhankan. Tetap dengan visual menarik, mudah dinavigasi, dan konsisten diperbarui 
( update ) dengan konten berkualitas tinggi.



7. Kurang Konten ( sedikit artikel )

Konten asli dan update adalah salah satu faktor utama yang akan mempengaruhi peringkat Anda pada SEO 2016 . Jika Anda berpikir memperbarui website Anda dengan hanya satu atau dua posting sebulan cukup, Anda lebih baik bersiap-siap peringkat Anda akan terjun lebih rendah . Sudah waktunya untuk memberi informasi menarik pada pengguna Anda apa yang Anda mampu. Hati - hati jangan pernah menulis artikel yang isi materinya  tidak Anda kuasai dengan benar, pengguna/pengunjung Anda akan kecewa jika Anda tak mampu menjawab semua pertanyaan atas apa yang tidak dimengerti oleh pengunjung Blog. 

Cobalah menghadirkan artikel menarik dan update setidaknya satu atau dua posting baru setiap minggu untuk menjaga situs Anda up-to-date. Hal ini dapat membantu mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google .Selain peringkat yang lebih baik, konten segar adalah cara yang indah untuk membangun keterlibatan pengguna yang lebih baik. Pikirkan tentang kemungkinan terlibatan  audiens Anda dengan konten dalam mengatasi masalah mereka, trending topic. Perbarui Blog Anda dengan konten yang relevan yang menarik minat audiens agar meningkatkan arus lalu lintas dan konversi.



8. Konten Berkualitas

Anda sudah tahu bahwa konten yang unik adalah cara yang bagus untuk mengoptimalkan situs Anda untuk mesin pencari. Namun, Anda juga harus fokus pada pembuatan konten yang berguna dan berharga untuk pengunjung. Menghindari konten berkualitas rendah akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi. Pikirkan tentang bagaimana pengguna akan bereaksi jika mereka tidak mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang mereka meminta.

Konten tanpa manfaat bagi penggunanya adalah bagian dari update Google Panda. Halaman dengan konten yang memiliki sedikit atau tidak ada nilai tambah juga terpengaruh. Beberapa contoh konten tanpa manfaat: konten secara otomatis, halaman yang tidak jelas, konten copas  dari sumber lain, dan halaman afiliasi. Jika situs Web Anda penuh dengan konten (unik) hanya untuk mesin pencari dan bukan untuk pengguna, saatnya Anda mulai berputar arah, kualitas konten yang unik bercirikan dengan banyaknnya komentar ( interaksi pengunjung dan Anda )




9. Iklan interstisial

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan segera mulai menghukum situs mobile yang menggunakan iklan interstitial. Anda bisa menemukan sejumlah situs yang memberikan prompt untuk menginstal aplikasi situs, dan benar-benar menjengkelkan. Iklan ini memblokir konten yang relevan ketika pengguna mengunjungi situs. Pengunjung sering frustrasi, dengan pengalaman pengguna yang berdampak negatif.

Mulai 1 November, 2015 sampai saat ini, Situs mobile yang sengaja atau tidak memasang app-install interstisi akan mendapatkan downranked di Google. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat menggunakan iklan tersebut, tetapi Anda harus siap secara otomatis kehilangan status Blog/Web Anda sebagai situs yang   "mobile-friendly". Jika Anda masih menerapkan iklan interstitial di situs mobile Anda, buatlah beberapa perubahan dalam memenuhi standart SEO 2016.


10. Permintaan Peninjauan Kembali tentang Penyalahgunaan Pedoman Webmaster.

Bila Anda melanggar Pedoman Webmaster Google, Anda akan mendapatkan hukuman  secara otomatis atau manual . Setelah Anda telah melakukan perubahan yang diperlukan untuk situs Anda, Google memungkinkan Anda untuk mengirim permintaan peninjauan kembali. Proses ini membantu Anda dalam mencabut setiap tindakan manual yang diambil terhadap Web/Blog Anda. Namun, ada beberapa situs yang menyalahgunakan permintaan peninjauan kembali ini dan mulai melanggar pedoman lagi setelah hukuman dicabut.

Misalnya, webmaster mungkin telah menerima tindakan secara manual kepada yang link mengarah ke situs lain yang tidak wajar. Mereka dapat menambahkan link ( abal abal ) ke daftar no-follow , mengajukan permintaan peninjauan kembali, dan kemudian menghapus link abal abal dari daftar setelah berhasil dipertimbangkan kembali. Hati hati jika Anda melakukan tindakan ini atau trik secara berulang dalam  proses peninjauan kembali di masa depan kesulitan itu seperti tanpa solusi, ini ancaman Google . Hal ini terutama berlaku jika pelanggaran itu dilakukan dengan maksud untuk spam. Cukup tidak menyalahgunakan proses peninjauan ulang saya rasa Blog Anda akan baik baik saja di masa mendatang.



Kata-kata akhir tentang SEO 2016

Dengan setiap update algoritma, Google akan semakin pintar dalam menangani semua trik dalam upaya menaikkan peringkat yang lebih baik. Tidak ada lagi cara manipulasi dalam menaikkan peringkat Blog Anda secara tidak wajar.Taktik yang tidak etis tidak lagi bekerja dalam mendukung update dimasa yang akan datang. Bahkan, mungkin berakhir dengan hukuman dengan jatuhnya peringkat yang lebih buruk dari yang paling buruk.

Jika Anda menerima risiko dengan mendapatkan downranked dari Google karena terjebak perangkap SEO yang salah, mulailah membuat perubahan penting sehingga Anda dapat menghindari masalah di masa depan. Jika Anda memiliki pertanyaan? Jangan ragu untuk bertanya dan tinggalkan  pertanyaan di kotak komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat......
Next
Prev Post
Previous
Next Post

2 comments:

  1. Tahun 2016 tak lama lagi akan kita sambut. Sebagai blogger pemula tentu saja artikel diatas menjadi bahan pembelajaran untuk mengoptimalkan kinerja blog. Tenkiu atas pencerahannya. Salam

    ReplyDelete
  2. artikel ini cukup bagus buat saya yang masi pemula di dunia seo
    terimakasih atas informasi nya

    salam blogger

    ReplyDelete