Apa itu Bounce Rates ? Blogger Wajib Mengetahuinya !

6:29 PM
Apa itu Bounce Rates ? Blogger Wajib Mengetahuinya !

BLOGGINGPASURUAN - Anda khawatir dengan tingkat bouncing di web atau blog Anda? Itu Pasti…! Ini adalah metrik penting yang tidak hanya memberitahu Anda tentang kemungkinan dampak SEO di web atau blog Anda di masa depan, tetapi juga menjelaskan banyak tentang seberapa informatif sih web atau blog Anda bagi pengunjung atau pengguna, tingkat keterlibatan pengguna, dan kualitas konten.

Dalam posting blog ini, saya akan membahas banyak konsep penting tentang tingkat bouncing. Silahkan membaca artikel ini hingga selesai, Anda akan belajar segala sesuatu yang mungkin harus Anda ketahui tentang tingkat bouncing di web atau blog  Anda.

Siap…? Mari kita mulai……


Apa itu Tingkat Bouncing?

Banyak webmaster dan blogger sering bingung dengan istilah " tingkat bouncing " dengan " tingkat keluar = pengunjung tidak betah berlama lama di blog anda". Kedua istilah yang sangat berbeda satu sama lain dan membawa arti yang berbeda dan anda tidak harus bingung untuk kedua istilah ini.

Tingkat bouncing web atau blog adalah persentase yang menunjukkan penurunan pengunjung di halaman web dan kemudian meningalkan web atau blog Anda tanpa mengklik link lain. Di sisi lain, tingkat keluar ( pengunjung tidak betah ) dari sebuah web atau blog menunjukkan bahwa pengunjung tidak menemukan atau tertarik dengan informasi yang Anda sajikan, baik dari sisi konten, tampilan atau web blog yang terlalu banyak memasang iklan menjengkelkan. Yang pada akhirnya pengunjung lari meninggalkan web atau blog Anda hanya karena pengunjung tidak merasa nyaman, pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari, pengunjung tidak menemukan apapun yang membuat pengunjung betah berlama lama di web atau blog Anda. tetapi tingkat keluar  dan “ bouncing rate” tidak mengatakan apa-apa tentang hal itu… Jadi, seperti yang Anda lihat dan baca diatas, ini adalah dua metrik yang berbeda yang dapat membantu Anda menganalisis aspek yang berbeda dari blog Anda.


Apakah prosentase Bouncing akurat ?

Meskipun tingkat bouncing memiliki definisi yang cukup sederhana, menganalisis apakah pemberitahuan tingkat bouncing website Anda akurat ? ini bisa menjadi sedikit membingungkan. Mungkin ini adalah alasan mengapa begitu banyak webmaster gagal untuk membacanya ( memastikan keakuratannya ) dan mereka hanya berusaha meningkatkan kwalitas situs Web lebih baik dari sebelumnya.

Secara umum, tingkat bouncing yang tinggi adalah sangat buruk bagi web atau blog Anda. Ini menunjukkan bahwa konten dan struktur dari blog Anda tidak cukup menarik untuk menjadi perhatian ( pengunjung ) pembaca Anda untuk lebih berlama lama berada di blog Anda.

Google secara jelas menyebutkan bounce rate adalah : the percentage of single-page visits or visits in which the person  left your site from the entrance (landing) page atau persentase kunjungan satu halaman atau kunjungan yang ditinggalkan seseorang di situs Anda dari pintu masuk (landing) halaman.


Apakah Tingginya Tingkat Bouncing Selalu Menjadi Sinyal Buruk Website ?

Sebagian besar webmaster mengatakan bahwa tingkat bouncing yang tinggi adalah pertanda buruk. Namun dalam beberapa skenario itu tidak berarti apa-apa. Itu semua tergantung apa jenis web atau blog yang Anda miliki dan apa tujuan dari dibuatnya web atau blog Anda.

Misalnya, jika blog yang  Anda miliki adalah sebuah website bisnis dengan mengarahkan pengunjung ( berniat membeli atau tidak ) yang salah satu tujuan utama Anda adalah konten yang mengarahkan pembaca Anda menuju ke halaman arahan atau halaman akhir dimana pengunjung ingin membeli produk yang Anda tawarkan atau hanya sekedar ingin tahu saja.

Jika pengunjung membaca halaman pertama dan berhenti, artinya mereka tidak akan pernah sampai pada halaman tujuan yang Anda arahkan. Hal ini akan menyebabkan tingkat bouncing yang tinggi, dan itu menunjukkan bahwa website Anda tidak memenuhi tujuan dan sasaran.

Tingkat bouncing yang tinggi seperti diatas, merupakan indikasi yang jelas sebagai pertanda buruk.

Di sisi lain, Anda mungkin memiliki website bisnis dengan tujuan utama membuat pengunjung Anda menghubungi Anda melalui email atau telepon. Dalam skenario ini, Anda tidak perlu pengunjung Anda untuk mengklik halaman lain. Mereka bisa mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan dari satu halaman “ formulir kontak ", dan mereka akan berhenti segera setelah mereka tahu informasi tersebut.

Pastikan pahami dulu jika Anda akan memiliki tingkat bouncing yang tinggi karena seperti hal diatas, itu tidak berarti pertanda buruk. Hal ini karena situs / halaman web Anda akan memenuhi tujuannya dengan memberi mereka informasi kontak Anda. Itu yang membuat pengunjung tidak membutuhkan mengklik link lain .


Apa yang dimaksud dengan Tingkat Bouncing yang baik ?

Ini selalu tergantung pada navigasi ( niche ) yang baik dari sebuah website. Buatlah disain navigasi yang mudah dipahami oleh pengguna atau pengunjung Blog, atau setidaknya pengunjung familiar dengan navigasi di blog Anda apalagi di tunjang dengan konten yang berkwalitas.

Dalam beberapa kasus tingkat bouncing dapat turun serendah 35 - 40%. Sebaliknya, di beberapa kasus tidak jarang memiliki tingkat bouncing setinggi 80%. Jadi, semua itu tergantung pada niche yang anda letakkan ( tempat yang tepat dan strategis ). Secara umum, jika Anda memiliki situs web publishing dengan banyak posting blog, tingkat bouncing sekitar 70% sepertinya dianggap hal yang masih wajar wajar saja.

Manfaat dari Rendahnya Tingkat Bouncing

Kita bisa berasumsi bahwa, dalam hampir semua kasus, tingkat bouncing yang rendah adalah pertanda baik. Kenapa begitu? Mengapa tingkat bouncing yang rendah baik untuk situs web Anda? Sebenarnya, ada beberapa manfaat dari memiliki tingkat bouncing yang rendah. Berikut adalah beberapa manfaat utama:

Low Bounce Rate = Keterkaitan yang Lebih baik

Jika situs Web Anda memiliki tingkat bouncing yang rendah, hal itu menunjukkan bahwa pengunjung blog Anda tidak berhenti setelah hanya membaca satu halaman. Pengunjung juga mengklik link internal lainnya dan membaca pos lainnya atau halaman lain di blog Anda karena pengunjung merasa perlu untuk membacanya… ( ini adalah point yang paling penting membangun sebuah Blog )

Semua ini akhirnya diterjemahkan ke dalam user-friendly yang lebih baik. Lebih user-friendly berarti lebih ramah melayani pengguna/pengunjung Blog, peningkatan tampilan halaman, lebih banyak konversi, dan keuntungan lebih.


2. Tingkat Bouncing dan SEO

Manfaat lain yang sangat penting dengan memiliki tingkat bouncing yang rendah adalah membantu meningkatkan kwalitas SEO web/blog Anda. Dengan kondisi mesin pencari yang semakin canggih akan lebih terfokus pada faktor user-friendly dalam menentukan peringkat blog pada mesin pencari.

Jika mesin pencari percaya bahwa website ini berguna untuk audiens target, mesin pencari secara otomatis memberikan peringkat lebih tinggi dalam SERPs. Ini adalah salah satu alasan mengapa media sosial dan backlink menjadi faktor yang lebih penting menentukan peringkat, dan optimasi kata kunci sepertinya kehilangan nilai dan dampak.

( bangun backlink secara natural akan menghidarkan anda dari segala urusan yang terkait privacy policy-nya Google, jadi natural adalah lebih baik )

Intinyanya, tingkat bouncing yang tinggi adalah sinyalemen negatif ke mesin pencari. Hal ini menunjukkan bahwa pengunjung situs tidak menemukan sisi informatif dari web atau blog Anda. Di sisi lain, jika sebuah situs web memiliki tingkat bouncing yang sangat rendah, maka akan mengirimkan sinyal positif ke mesin pencari.

Mesin pencari, seperti Google, percaya bahwa website yang memiliki banyak konten bermanfaat dan sangat menarik dan berguna dengan tingkat bouncing yang rendah merupakan indikasi bahwa pengunjung/pembaca tidak berhenti membaca hanya pada halaman saja. Sebaliknya, pembaca menemukan posting blog lain begitu menarik dan membuat pembaca ingin mengetahui informasi menarik lain di halaman blog Anda.

Karena fenomena ini, mesin pencari mempromosikan web atau blog Anda dengan tingkat bouncing yang rendah, sehingga semakin banyak pengguna atau pengunjung tertarik mengunjungi blog Anda karena banyak hal menarik dan informatif yang mungkin akan pembaca temukan.

Kesimpulan

Tingkat bouncing merupakan metrik penting yang harus Anda periksa bila memungkinkan. Ini tidak hanya memiliki manfaat SEO secara teknis, tetapi juga merupakan indikator yang baik di mana situs web Anda akan bergerak maju.

Jika Anda memiliki tingkat bouncing masuk akal yang lebih tinggi, itu berarti bahwa konten, struktur situs, dan navigasi web/blog Anda mungkin memiliki masalah yang harus diperbaiki secepat mungkin. Tingkat bouncing yang lebih tinggi juga merupakan salah satu indikator terbaik yang Anda mungkin perlu untuk meningkatkan tingkat kualitas dan keterlibatan dari konten blog Anda.

Di sisi lain, jika website Anda bukan website publishing dengan banyak posting blog, mungkin memiliki tujuan yang berbeda, misalnya, tujuan hanya mengarahkan pengunjung ke “ formulir kontak atau kontak via telpon “. Maka web/blog tersebut akan memiliki tingkat bouncing yang sangat tinggi, tapi itu tidak akan menjadi masalah karena akan memenuhi tujuan utamanya dalam mengarahkan pengguna atau pengunjung Blog seperti apa yang diinginkan.

Baca juga : 8 Cara Mengurangi Bounce Rates di Blog Anda

Semoga bermanfaat…

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Nama saya Usman Kurniawan dari Pasuruan - jawa timur dan bukan seorang Blogger Pro, Namun saya akan serius belajar jika menyukai sesuatu hal, termasuk dunia blogging.

Previous
Next Post »