8 Cara Mengurangi Bounce Rate di Blog

8:23 PM
8 Cara Mengurangi Bounce Rate di Blog

BLOGGINGPASURUAN - Tingkat bouncing merupakan metrik penting. Kebanyakan pemilik website dan blogger benar-benar mengabaikan ini, tapi tingkat bouncing yang rendah sangat penting untuk keberhasilan situs Web Anda.

Dalam posting blog ini, BLOGGINGPASURUAN akan membahas beberapa tips yang sangat efektif tentang cara untuk mengurangi tingkat bouncing situs Web Anda.


Tapi pertama-tama, mari kita mulai dari dasar terlebih dahulu :

Apa itu "Bounce Rate"?

8 Cara Mengurangi Bounce Rate di Blog

Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang "Bounce Rate", di sini adalah definisi sederhana untuk Anda. "Tingkat bouncing menunjukkan persentase pengunjung website yang meninggalkan situs web Anda setelah masuk pada satu halaman blog. Dengan kata lain, pengunjung berhenti sampai disitu tanpa mengklik link lain. "

Juga, ada perbedaan besar antara tingkat bouncing dan tingkat keluar - yang kebanyakan orang sering bingung dengan. Tingkat bouncing adalah persentase kunjungan satu halaman. Namun, tingkat keluar hanya menunjukkan jumlah orang yang berhenti di blog Anda. Mereka mungkin sudah mengunjungi halaman lain, tetapi tingkat keluar tidak menunjukkan hal itu.

Sebagai fakta, BLOGGINGPASURUAN telah menulis posting blog yang sangat rinci dan komprehensif pada semua konsep penting tentang tingkat bouncing. Ini berisi informasi mendalam tentang hampir segala sesuatu yang Anda perlu tahu tentang tingkat bouncing.

Berikut ini adalah link untuk mengetahui segala sesuatu tentang bounce rate. Klik posting berikut jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang tingkat bouncing, konsep dasar, dan bagaimana hal itu mempengaruhi website Anda dan bisnis online.






Sekarang, mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengurangi tingkat bouncing di web atau blog Anda dan meningkatkan peringkat SEO-nya, keterlibatan, dan konversi secara keseluruhan.


Tips # 1: Tingkatkan Kecepatan Loading Blog  Anda


Seperti yang Anda tahu bahwa kecepatan loading blog sekarang menjadi faktor penting mesin pencari dalam menentukan peringkat. Lebih fatal lagi, sebuah Blog dengan loading lambat dapat mempengaruhi tingginya tingkat bouncing dari Blog Anda.

Perhatian pengguna internet rata-rata semakin tinggi. Pengguna internet  tidak ingin menghabiskan waktu dengan menunggu lama untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan . Itulah sebabnya ketika pengguna internet mengunjungi Blog Anda yang notabene loadingnya lama, yang tidak memuat halaman dalam 2-3 detik, pengunjung akan berhenti dan segera meninggalkan Blog Anda.

Sebuah situs web yang lambat loading sama artinya tidak memberi pengunjung kesempatan untuk melihat halaman Blog Anda, yang akhirnya mengarah pada tingkat bouncing yang rendah. Gunakan alat tes kecepatan website gratis di internet untuk mengetahui kecepatan loading blog rata-rata Anda.



Tips # 2: Tulis Judul Artikel Sebaik Mungkin


Jika judul utama disertai judul artikel yang sangat menarik dari posting blog Anda ini akan membantu blog  Anda untuk memiliki tingkat bouncing yang rendah.

Mengapa?

Karena berita baik dibuat dan menarik perhatian pembaca. Headline hanya mendorong pengunjung Blog Anda untuk mengklik dan membaca lebih banyak artikel di Blog Anda. Ketika mereka klik dan membaca pos lainnya di Blog  Anda, tingkat bouncing Blog Anda mulai membaik.

Sebagai contoh adalah apa yang muncul pada popular post di widget sidebar. Itulah judul artikel yang memang benar-benar memenuhi kriteria pengunjung dan otomatis menjadi kriteria mesin pencari…ini yang harus Anda upayakan !


Tip # 3: Hindari Clickbaits


Menulis Artikel dan menarik adalah penting. Namun, Anda tidak harus melibatkan clickbaits ( klik link umpan yang tak terkait apapun dengan isi artikel Anda ) hal ini akan berdampak lebih menjengkelkan bagi pengunjung

Berikut adalah contoh yang menunjukkan beberapa artikel clickbait. Apakah pengunjung akan meng- klik pada salah satunya ? Jawabannya adalah Belum tentu !

8 Cara Mengurangi Bounce Rate di Blog

Pengunjung saat ini sudah jauh lebih mengerti dan paham jika pengguna meng-klik link ini akan membawa ke beberapa situs tidak jelas di internet. Situs-situs yang diisi dengan pop-up dan iklan tersembunyi. Dan konten tidak akan menambah nilai apapun.

Pastikan untuk menghindari link clickbait di Blog Anda. Judul posting harus memenuhi kriteria keterkaitan dengan konten ini akan menambah nilai positif bagi pengunjung Blog Anda .


Tip # 4: Hindari Terlalu Banyak Pop-Ups


Apakah Blog Anda memiliki terlalu banyak pop-up? Ini bisa seperti pop-up facebook, artikel berlangganan dan lain sebagainya. Jika ya, itu bisa menjadi alasan potensi tingkat bouncing yang tinggi.

Salama pengunjung Blog Anda terganggu oleh pop-up ini adalah bencana. Jika seseorang mengklik sebuah artikel dan hanya ingin konten menarik dan bermanfaat. Dia pasti tidak ingin mengisi formulir pendaftaran yang tidak diketahui apalagi meng- klik banner yang tidak relevan seperti iklan.

Jadi jangan menyapa pengunjung Anda dengan pop-up. Saran saya gunakan strategi berlangganan aritkel gratis via email untuk pengunjung Blog Anda untuk mendapatkan artikel ter-update dari Blog Anda, bisa Anda letakkan pada widget sidebar, atau dibawah posting blog yang penting bukan model pop-up yang mengganggu pembaca Blog. STRATEGI ini tidak hanya akan membantu Anda mendapatkan pelanggan email lebih banyak, tetapi juga akan membantu Anda meningkatkan tingkat bouncing Blog ( maksudnya tingkat bounce rate rendah ).



Tip # 5: Menyapa Pengguna Dengan Pesan Pilihan


Ini mungkin tampak tidak etis, tapi banyak pemilik Blog memasang pesan pilihan pada halaman pertama dalam menyapa pengunjung Blog. Jika pengunjung Blog menganggap ini adalah kesan di beberapa detik pertama tidak akan menjadi masalah, namun jika berkelanjutan kepada link yang tidak relevan, pengunjung pasti akan segera meninggalkan Blog Anda.

Menyapa pengunjung itu penting, namun jangan sampai ada kesan atau itikat pemilik Blog untuk meraup penghasilan dari sisi ini oleh pengunjung dengan cara mengganggu kenyamanan pengunjung dalam memperoleh informasi yang mereka inginkan.
Berikan pengunjung Blog Anda apa yang mereka harapkan atau menarik bahkan cukup membuat penasaran untuk menahan perhatian pengunjung. Jika tidak, mereka akan kabur dari blog Anda ini jelas akan menghasilkan kenaikan tingkat bouncing.

Berikut adalah contoh bagaimana Blog menyapa para penggunanya dengan pesan yang sangat jelas tidak bertujuan.

8 Cara Mengurangi Bounce Rate di Blog


Jika Anda ingin membuat pesan yang menarik, Anda hanya membutuhkan tiga hal:

√ Sebuah headline yang dibuat menarik untuk menghubungkan pembaca Anda
√ Sebuah desain yang bersih, segar, dan indah yang tidak mengganggu sama sekali
√ Desain widget sangat jelas yang beresonansi dengan tuntutan dan kebutuhan audiens yang menjadi target pengunjung.


Tip # 6: Fokus pada Strategi Internal Link


Menggunakan link internal pada Web/Blog adalah teknik yang bagus untuk meningkatkan kwalitas SEO. Dan merupakan cara terbaik untuk menjaga pengunjung Anda untuk lebih lama di Blog Anda  yang akhirnya diterjemahkan menjadi tingkat bouncing yang lebih baik.

Anda harus memiliki strategi yang tepat untuk menciptakan link internal di Blog Anda. Pastikan fokus untuk membuat link internal terkait artikel yang relevan dalam membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka inginkan.

Jika Anda memiliki strategi yang benar dalam meletakkan link internal dalam posting blog, Anda akan melihat bahwa tingkat bouncing akan meningkatkan artinya pengunjung betah berlama lama karena mereka mendapatkan informasi  yang mereka inginkan.


Tip # 7: Lebih Berhati-hati Dengan Link Eksternal

Ada dua jenis link yang Anda buat dalam post: link internal dan link eksternal. Dan kedua link ini bisa dianggap penting oleh Si pemiliknya.

Link internal membantu Anda menjaga pengunjung Blog untuk lenig berlama-lama di Blog  Anda . Di sisi lain, link eksternal membantu Anda membangun hubungan dengan blogger lain dan pemilik Blog. Selain itu, link eksternal juga dianggap penting untuk memberikan nilai asli dan mendalam kepada pengguna pada subjek tertentu.

Namun, Anda harus sangat berhati-hati dengan link eksternal karena secara signifikan dapat meningkatkan tingkat bouncing. Hal ini karena ketika pembaca meng-klik link eksternal dalam posting blog Anda, pengunjung diarahkan ke blog orang lain. Artinya pengunjung sudah meninggalkan atau berhenti dari Blog  Anda, dan Anda akan memiliki tingkat bouncing yang tinggi karenanya.

Jika Anda benar-benar menganggap link eksternal adalah bagian penting dari posting blog. Saya bagikan 2 tips buat Anda masukkan link eksternal untuk menciptakan keseimbangan yang baik antara memberikan nilai kepada pengunjung Blog dan menjaga tingkat bouncing. 

Tips-tipsnya adalah:

Jangan menyertakan terlalu banyak link eksternal di awal posting blog. Pertama, biarkan konten Anda menggaet pembaca dan menarik perhatian pengunjung. Setelah pengunjung benar-benar terpesona oleh kegunaan dan kualitas posting Anda, kemudian mulai berbagi link eksternal yang relevan.

Kedua, setiap kali Anda membuat link eksternal, pastikan Anda membuat link akan terbuka di tab baru. Jika tidak, pengunjung akan diarahkan ke Blog lain, dan Blog Anda akan secara otomatis ditutup.


Tip # 8: Proper Formatting ( Format yang tepat )


Tidak peduli bagaimana berguna konten Anda, jika tidak memiliki format yang tepat dan baik, tidak akan mampu mempertahankan pengunjung Blog  lebih berlama-lama di Blog Anda.

Pengguna internet membuat penilaian tersendiri tentang desain Web, kolom artikel, dan format posting blog. Itu adalah kesan pertama pengunjung Blog seputar hal itu.

Selalu gunakan paragraf pendek dan kalimat yang jelas untuk meningkatkan aliran membaca. Selain itu, ambil bantuan dari judul, sub-judul, poin penting, gambar, video, teks yang disorot, dan elemen interaktif lainnya yang membuat posting Anda lebih menarik, indah, dan cantik.

Kesimpulan

Tingkat bouncing penting. Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi website Anda, format Blog yang user-frienldy, telah memiliki dampak yang sangat nyata.

Tingkat bouncing yang rendah penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna atau pengunjung Blog, peringkat mesin pencari, dan tingkat konversi. Tips saya sudah disebutkan dalam artikel ini semoga membantu Anda dalam mengurangi tingkat bouncing yang tinggi dari website Anda.

Semoga bermanfaat….
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Nama saya Usman Kurniawan dari Pasuruan - jawa timur dan bukan seorang Blogger Pro, Namun saya akan serius belajar jika menyukai sesuatu hal, termasuk dunia blogging.

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
Erica belinda
AUTHOR
November 23, 2015 at 11:41 PM delete

Keren gan alexa agan beda juah beda dng di bawah kotak alexa dan aslinnya ,mau dong kasi tahu

Reply
avatar
November 26, 2015 at 4:57 PM delete

tidak memasang kotak alexa ( di blog ) sebenernya juga tidak ada masalah.... yang penteng blog sudah di verifikasi ke Alexa rank dan pasang script-nya di blog itu jauh lebih penting...!

Reply
avatar
anton susi
AUTHOR
February 7, 2016 at 12:33 AM delete

Mantap bisa membantu saya, trimakasih master, semoga sukses,
Kunjungi juga situs saya.
http://saffa-mp3.info

Reply
avatar
Aasha
AUTHOR
May 12, 2017 at 11:55 PM delete

Superb explanation & it's too clear to understand the concept as well, keep sharing admin with some updated information with right examples.Keep update more posts.

SEO Company in Chennai

SEO Company in India

Digital Marketing Company in Chennai

Digital Marketing Company in India

Reply
avatar