Cara Mudah Menghapus Broken Link “ERROR 404”

Cara Mudah Menghapus Broken Link “ERROR 404”

Beberapa minggu yang lalau saya mempublikasikan artikel “ Cara Cepat Menemukan dan Menghapus Broken Links “. Namun kali ini saya juga ingin mempublikasikan kembali namun dangan menggunakan Webmaster console ( dulu WebmasterTools ) dan cari ini akan bener bener permanent menghapus broken link atau penyebab terjadinya ERROR 404.


Penyebab Crawl Error Page Not Found 404

Yang menjadi penyebab error 404 halaman tidak di temukan pada blog adalah terdapat link yang mengarah pada suata halaman yang terhapus, atau tertuju pada sebuah halaman link yang rusak (broken link) hal tersebut bisa di akibatkan karena kesalahan pengetikan yang mengarah pada sub domain blog, bisa juga di akibatkan karena menghapus halaman blog yang tidak sengaja, atau link tersebut memang sudah kadaluarsa. Biasanya terjadi karena ada sebuah link yang di letakkan oleh seorang komentar pada sebuah blog, link tersebut sudah mati atau rusak, sehingga menimbulkan terjadinya crawl error.



Cara Menghapus Kode 404 Di Google webmaster Tools


1. Masuk dan login ke google webmaster tools Anda.

2. Masuk ke halaman menu di sebelah kiri,Craw – Crawl Error

Cheklist (centang) pada priority, maka akan otomatis tercentang semua filenya, kemudian klik download, pilih format google docs.

Cara Mudah Menghapus Broken Link “ERROR 404”


3. Maka akan terlihat seperti gambar di bawah, silahkan buka notepad copy semua link tersebut


Cara Mudah Menghapus Broken Link “ERROR 404”



4. Silahkan buka menu halaman google indexRemove URLs.

Cara Mudah Menghapus Broken Link “ERROR 404”


5. Klik “create a new removal request” masukkan satu link yang anda copy pada notepad tadi, terakhir klik “submit request”, lakukan satu demi satu pada link hasil copy pada note pad hingga selesai. Hal ini membutuhkan sedikit kesabaran anda jika terdapat banyak link yang error.

Cara Mudah Menghapus Broken Link “ERROR 404”


6. Jika semua sudah selesai, kembali pada menu halaman CrawlCrawl Error, Cheklist (centang) pada priority dan Klik tombol Mark as fixed.

Cara Mudah Menghapus Broken Link “ERROR 404”

7. Pada tahap ini anda sudah selesai,Crawl error 404 akan di proses, sekarang sudah tidak lagi tampak, seperti gambar di bawah.

Cara Mudah Menghapus Broken Link “ERROR 404”
Demikian cara mengatasi atau memperbaiki kode Error Page Not Found 404 secara manual akan lebih efektif dan bersifat permanen, sebenarnya hal ini tidak mempengaruhi rangking halaman google, tetapi kita juga harus secepatnya memperbaiki, karena akan berdampak kepada backlink atau proses backlink yang lama pada halaman yang sudah ter index oleh google.

Semoga bermanfaat…..
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Nama saya Usman Kurniawan dari Pasuruan - jawa timur dan bukan seorang Blogger Pro, Namun saya akan serius belajar jika menyukai sesuatu hal, termasuk dunia blogging.

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
December 18, 2015 at 5:02 PM delete

Selepas itu, link itu akan kembali lagi..bagaimana ya?

Reply
avatar
December 18, 2015 at 6:09 PM delete

Link yang sudah terhapus, tidak akan muncul kembali..... Kalau bagaimana cara mengembalikan ? Karena ini terkait mesin Si Google saya kira susah mau restore link yg sudah kita hapus

Reply
avatar
December 18, 2015 at 7:44 PM delete

Kalau kaitannya LINK RUSAK yang bikin ERROR 404 memang seharusnya kita hapus permanen !

Reply
avatar