SEO Tips : Apakah Ejaan dan Tata Bahasa Yang Buruk Mempengaruhi Peringkat Google ?

SEO Tips : Apakah Ejaan dan Tata Bahasa Yang Buruk Mempengaruhi Peringkat Google ?

BLOGGINGPASURUAN – Terkadang kita sering mengabaikan tata bahasa dan ejaan dalam menulis sebuah artikel, yang penting artikel selesai ditulis dan buru buru di publikasikan, hal ini kadang dapat menimbulkan sesuatu yang kurang jelas bagi pengguna atau pengunjung Blog Anda dalam memaparkan sebuah artikel yang Anda tulis. Akhirnya pengunjung Blogpun lari karena merasa kurang puas hanya karena ejaan dan tata bahasa yang Anda sajikan dalam menulis artikel yang kurang standar ( buruk ).


Apakah tata bahasa menjadi factor sebuah rangking Blog ?

Banyak sekali diantara kita yang hanya mengejar kwantitas dalam menulis sebuah artikel, tanpa mempedulikan ejaan dan tata bahasa yang benar. Ini jelas akan membuat bingung pengunjung “ maksudnya arah dan tujuan Anda membuat sebuah artikel “ yang dirasa pengunjung mengambang, seperti tanpa arah tujuan dan kejelasan. Saya pribadi masih belajar bagaimana menulis artikel dengan ejaan dan tata bahasa yang baik, agar pengunjung bisa menikmati,mengerti, dan tahu maksud dan tujuan dari artikel yang saya tulis.


Jadi bagaimana bisa tata bahasa yang buruk membawa beban negatif dalam algoritma Google?

Nasihat Dari Google
Google berbicara tentang tata bahasa yang tidak memadai sebagai sinyal atau faktor yang mempengaruhi peringkat halaman dari beberapa tahun yang lalu. Namun juga Google mengatakan bahwa tata bahasa tidak mempengaruhi faktor peringkat.

“ Bagaimana sebuah translate bisa kita nikmati dengan baik, jika hasil terjemahannya disajikan dengan tata bahasa yang terkesan aneh dan sulit di mengerti “

Maksudnya adalah seperti ini,faktor tata bahasa mempengaruhi atau tidak terhadap rangking sebuah halaman adalah tergantung dari trafik pengunjung. Bagaimana pengunjung akan datang kembali mengunjungi Blog Anda jika tata bahasa yang Anda sajikan kurang baik… ( makanya Google selalu menginginkan improvisasi dalam sebuah terjemahan )
Sebenarnya ada banyak faktor dalam menentukan peringkat sebuah halaman Blog, karena kali ini saya menuliskan artikel yang terkait dengan ejaan dan tata bahasa jadi linkup kita batasi saja hanya pada judul tema artikel ini.

Setidaknya Google sudah memberikan apresiasi terhadap Blog atau website yang memiliki tata bahasa dan ejaan yang baik dan benar ( meskipun ini masih dalam versi bahasa inggris ) namun setidaknya bahasa Indonesia-pun jika tidak disajikan dalam kerangka yang baik dan benar tentu akan membuat pengguna/pengunjung kurang bisa menikmati dalam membaca sebuah artikel….. “ Pembaca akan lari meninggalkan Blog Anda ? Otomatis itu akan terjadi “ inilah yang dimaksud oleh Google bahwa tata bahasa dan ejaan yang baik dan benar menjadi faktor dalam menentekun sebuah peringkat Blog.


Google “Matt Cutts” mengatakan meskipun tidak secara detail menjelaskan:

   
 "Ini akan adil untuk blog atau website yang menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik sebagai sinyal ... Google dalam menentukan sebuah peringkat. "



Haruskah saya khawatir tentang ejaan dan tata bahasa yang buruk dalam komentar blog?

Sepertinya tidak……

Saya baru saja menghapus semua komentar dalam Blog saya karena terkait dengan LINK AKTIF atau komentar spam. Saya tidak punya waktu untuk menyeleksi sebuah 'percakapan' di blog terkait dengan ejaan dan tata bahasa.

Hal lain yang menjadi fokus penting bagi saya adalah tetap berasumsi bahwa tanggung jawab terhadap kualitas konten pada setiap halaman Blog saya adalah yang paling utama.


Google Panda & Kualitas Konten

Google mencatat  yang mengatakan ( penyajian ejaan dan tata bahasa ) algoritma mereka mencari sinyal pada konten ber-kualitas rendah karena sebab diatas sebagai etika rating halaman berdasarkan kualitas konten.

Beberapa contoh yang mungkin atau bisa mencakup:
"1. Apakah artikel ini memiliki ejaan, tata bahasa, atau kesalahan factual penulisan? "
"2. Apakah artikel diedit dengan baik, atau hanya buru-buru diproduksi/publikasikan? "
"3. Apakah artikel yang dihasilkan dengan hati-hati dengan memperhatikan detail vs kurang memperhatikan detil? "
"4. Anda bisa belajar dengan melihat artikel ini di majalah cetak, ensiklopedia atau buku dalam menulis sebuah artikel dengan ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar "

Rating konten Google ada pada pengalaman pengguna secara keseluruhan karena itu ter-definisikan, karena penggunaan tata bahasa dan ejaan yang buruk dapat menjadikan pengalaman buruk bagi pengguna/pengunjung Blog.


Google bertujuan untuk menghargai sinyal akan  kualitas konten:

1. Mengambil waktu untuk membangun sebuah Blog dengan tidak mengesampingkan ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar.
2. Sebagian besar web atau blog tidak akan dapat ditemukan tanpa ada upaya perbaikan dari sisi apapun terkait SEO.

TIDAK ADA situs, web, blog yang kompetitif  dalam dapatkan lalu lintas yang baik dari Google pada tahun 2016 tanpa banyak upaya perbaikan. Pekerjaan teknis dan akurasi konten adalah sangat diperlukan.

Memperbaiki tata bahasa dan ejaan pada halaman dapat menjadi proses yang memakan waktu alias berpotensi ribet dan buth kesabaran . Dan Google menggedor tentang Keutamaan Kualitas Konten dan Pengalaman Penggunanya. Siapa tahu? Faktor peringkat ini bisa menjadi satu modal untuk masa depan Blog Anda.


Apakah Ejaan Menjadi Faktor Rangking Google?

Ejaan yang buruk selalu memiliki potensi untuk menjadi faktor peringkat NEGATIF ​​di Google. JIKA ejaan yang tidak benar pada sebuah halaman blog adalah sebuah ejaan yang seharusnya unik dan sangat penting untuk permintaan pencarian.

Jika Anda ingin merubah peringkat ke yang lebih baik, mengoptimalkan penggunaan ejaan yang baik akan menjadi sinyal POSITIF menentukan peringkat dimasa mendatang. Google akan mendukung " Menampilkan Hasil " dalam SERPs berdasarkan kesalahan umum pada ejaan.

Pengujian untuk melihat apakah ejaan buruk sebagai faktor penentu sebuah peringkat Blog, ini masih bisa diuji,  tetapi tata bahasa yang buruk tidak begitu mudah untuk mengujinya… hanya saja pengalaman pengguna masih menjadi tolak ukur.

Saya pikir Google memiliki sinyal yang lebih jelas untuk bermain dengan ejaan dan tata bahasa. Google tidak mungkin langsung menghukum Anda hanya karena kesalahan ini ( tidak seperti hukuman langsung karena Anda melakukan spaming ) tetapi faktor ejaan dan tata bahasa yang sempurna akan menjadi pengalaman baik bagi pengguna/pengunjung Blog, ini yang menjadi penilaian Google. Dan saya telah melihat bukti yang jelas pada peringkat halaman yang menggunakan tata bahasa dan ejaan yang buruk. Saya sendiri! Ketika pertama kalinya terjun sebagai pemula..


Apakah Ejaan dan Tata Bahasa Mempengaruhi Peringkat Blog Atau Tidak ?

Saya tahu tata bahasa saya kurang dan itu adalah tujuan saya untuk belajar mengatasinya. Saya tadinya ragu tata bahasa dan ejaan adalah sinyal yang mempengaruhi peringkat  saat ini, namun ada benarnya jika Blog dibangun dengan menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik dan benar akan menjadikan pengalaman baik bagi pengguna/pengunjung Blog Anda

Kesimpulan :
Kesalahan dalam menggunakan ejaan dan tata bahasa tidak akan menerima hukuman langsung yang sama persis ketika blog terindikasi sebagai Blog berkategori spamy. Tetapi pengalaman pengguna/pengunjung yang baik adalah sinyal yang jelas yang menentukan peringkat Blog Anda.

Semoga bermanfaat…..



Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Nama saya Usman Kurniawan dari Pasuruan - jawa timur dan bukan seorang Blogger Pro, Namun saya akan serius belajar jika menyukai sesuatu hal, termasuk dunia blogging.

Previous
Next Post »